Kasubdit Kurikulum & Evaluasi Direktorat KSKK Berikan Pembinaan Persiapan SKS Madrasah
Di Post Oleh: Kinarti Tanggal: 13/10/2022 Di Baca83 kali

Kab. Mojokerto Jatim, (MTsN 1 Mojokerto). Kamis, (6/10) Tahun 2022 pembinaan dalam rangka Persiapan Penyelengaraan Sistem Kredit Semester (SKS) pada Madrasah Tsanawiyah diikuti seluruh GTK MTsN 1 Mojokerto. Pembinaan disampaikan langsung oleh Suwardi selaku Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. Didampingi Sugiyo selaku Sub Koordinator Kurikulum, Evaluasi, dan Kesiswaan Bidang Pendma Kanwil Provinsi Jawa Timur bersama Kasi Pendma Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto.

Acara diawali sambutan Kasi Pendma, Ama Noor Fikry. Dalam sambutannya disampaikan, “Ucapan terima kasih kepada guru dan tenaga kependidikan. Sebagai keluarga besar harus saling membantu dan mencari solusi bersama-sama untuk kemajuan madrasah.”  

Kemudian dilanjutkan acara inti berupa pembinaan dan arahan Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Kementerian Agama RI. Sebagai pengantar, beliau menyampaikan pengalaman mengajar dan memimpin madrasah sebagai inspirasi. Dalam paparannya, "Guru perlu memperhatikan progres hasil belajar. Madrasah memberikan layanan pendidikan sesuai potensi peserta didik. Tugas guru untuk mengembangkan potensi peserta didik.”

Beberapa tips disampaikan dengan rinci. Di antaranya, untuk mengembangkan madrasah dengan (1) membangun hati, (2) membangun impian, (3) membangun tim, membangun sistem, dan (5) mempunyai branding.

Berkaitan dengan persiapan penyelenggaraan sistem kredit semester, layanan SKS mengacu pada Permendikbud Nomor 158 tahun 2014 dan Juknis SKS yang ditetapkan oleh Dirjen Pendis. “Untuk itu, kegiatan ini sebagai awal untuk menyatukan niat persiapan penyelenggaraan SKS,” tegas Moh. Noor Ahyat selaku Wakamad Bidang Kurikulum. (Kin/Fath).

Top